Cara mengatasi keypad / tombol blackberry yang error atau macet

Mengingat begitu pentingnya fungsi keypad pada blackberry kita ( yang jelas bukan type yang full toch screen ya.. ) Maka kalau keypad kita hang, tidak bisa keluar huruf ketika dipencet, keluar huruf dobel ketika dipencet, atau malahan uda keluar huruf meskipun belum kita pencet pasti bikin kita frustasi atau bahkan stress berat sampai-sampai pingin banting blackberry kita.


Type blackberry yang palin banyak mengalami kasus seperti ini adalah type gemini, onyx, tour, dan type type sepantarannya, tapi banyak kasus paling sering adalah pada type blackberry gemini.
Dan untuk mengatasi masalah tersebut sebenarnya sangatlah mudah dan kita tidak perlu bawa blackberry kita ke bengkel, karena salah-salah kalau bengkelnya nakal kita akan dimintai biaya yang banyak dengan alasan rusak ini itu, padahal sebenarnya cuma sepele.
Pertama kita siapkan dahulu obeng untuk membuka blacberry kita, kalau sudah silahkan buka youtube untuk mencari tahu bagaimana bongkar blackberry kita, karena beda type beda cara bongkarnya, ingat ya.. Jangan ngawur, salah-salah nanti akan ada bagian yang patah atau retak, biasanya sih di chasing, kalau salah cara bongkar biasanya gampang patah atau retak, tapi untuk mesin aman kok..
Setelah selesai kalian bongkar kalian akan lihat ada stiker berwarna putih tepat berada di bawah keypad, itu adalah keytone, nah.. Itulah biang masalahnya, buat yang deket toko spare part beli aja murah kok, cuma skitar 5000 rupiah, tapi bisa juga di benerin kok.
Cara benerinnya kita lepas stiker tersebut, maka akan terlihat lempengan atau piringan mirip mangkok kecil, nahh.. Kita bersihkan saja mangkok mangkok itu pakai obeng atau paling gampang dan aman pakai penghapus pensil.
Noda hitam seperti tebakar atau kerak adalah penyebab tombol tak mau keluar huruf atau angka saat dipencet, dan yang seperti mengelupas adalah penyebab tombol keluar huruf dooble saat dipencet atau belum dipencet uda keluar hurufnya.
Bersihkan semua kotoran kemudian kita tempel lagi dengan hati-hati jangan sampai posisinya meleset, karena kalau sampai meleset ya malah bakalan gak ada yang bisa dipencet..

Pasang kembali seperti semula dan lihat hasilnya... Semoga sukses..
Powered by Telkomsel BlackBerry®