Puji syukur kehadirat Alloh Swt yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan
Laporan On the Job Learning Diklat Pengelola Perpustakaan tahun 2013.
Sesuai dengan maksud tujuan
perpustakaan sekolah yaitu untuk menyediakan sumber belajar sehingga dapt
membantu pengembangan dan peningkatan minat baca, literasi informasi, bakat dan
kemampuan peserta didik ( Badan Standarisasi Nasional 2009), maka diperlukannya
Diklat Manajemen Perpustakaan. Diklat diselenggarakan atas kerja sama dengan
Education Development center FKIP UNS.
Laporan ojl ini tersusun tidak lepas
dari bantuan dari berbagai pihak, ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada
Ibu Kepala Sekolah Nisrina Setyaningsih, SPd yang telah memberi ijin dan
memotivasi penulis. Suminah,S.Pd, Handayani wl,SPd, dan Didik hartanto,Amd yang
telah membantu penulis dalam memberikan informasi perihal perpustakaan SMA
Widya Bhakti Surakarta, Bapak Ibu Guru serta para siswa yang tak sedikit turut
membantu memberi kemudahan informasi dan penyelesaian Diklat ini.
Laporan OJL Diklat Pengelola
Perpustakaan tahun 2013 penulis buat se-efisien dan sesederhana mungkin.
Walaupun dalam OJL Diklat Pengelola
Perpustakaan tahun 2013 ini kurang sempurna tetapi penulis telah berusaha
semaksimal mungkin, oleh karena itu penulis mengharapkan saran yang dapat
membantu dan menambah wawasan dalam mengelola Perpustakaan SMA Widya Bhakti
Surakarta.
Surakarta, 2013
Penulis
ABSTRAK
/ RINGKASAN
Kegiatan
Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah ini bertujuan memberikan pembekalan seorang
guru sehingga mampu mengelola perpustakaan sekolah secara profesional dengan
didukung system administrasi yang standar, sehingga pemanfaatan perpustakaan
sekolah sebagai sarana pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif dan
efisien.
Kegiatan ini
pesertanya berasal dari berbagai daerah, sebanyak --- peserta, terdiri dari
Diklat Kepala Perpustakaan dan Kepala Laboratorium yang direncanakan 8 hari.
Diawali pada
hari minggu tanggal 06 Oktober 2013, setelah pembukaan jam 07.00 WIB pagi oleh
Kepala Dinas Dikpora kota Surakarta, dilengkapi informasi tentang kebijakan
Dinas,Kompetensi Guru dan PPG, dilanjutkan Pree tes dan disambung 2 sesi materi
Diklat yakni tentang manajemen Perpustakaan dan Pengembangan Koleksi.
Pada hari kedua, Senin 7 Oktober
2013, dilaksanakan sebanyak dua sesi, yakni tentang pengkatalogan, Klasifikasi,
dan tajuk Subyek. Selasa 8 Oktober 2013 juga ada empat sesi, yakni Layanan sirkulasi,
layanan referansi dan penelusuran informasi, pengantar Administrasi
Perpustakaan dan bimbingna pengguna. Sesi berikutnya praktek Pengkatalogan,
klasifikasi dan tajuk subyek dan praktek automasi Perpustakaan. Pada hari kamis
dan jumat dilaksanakan kegiatan Observasi ke masing-masing Perpustakaan Sekolah
para peserta dilanjutkan dengan pembuatan Laporan Observasi tersebut.
Kegiatan
penutup berupa kegiatan presentasi dari peserta berdasarkan hasil observasi
yang telah dilaksanakan selama dua hari tersebut, direncanakan pada hari sabtu
12 Oktober 2013 dan minggu 13 Oktober 2013.
Isi dari
laporan ini terdiri dari hasil observasi dari kenyataan yang ada pada
Perpustakaan Sekolah SMA Widya Bhakti Surakarta dan kegiatan-kegiatan dari
perpustakaan Sekolah tersebut.
Penulis
Dra.
ANI SADARSIH
BAB
I
DESKRIPSI
KONDISI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SAAT INI
A. PROFIL SEKOLAH
1
|
Nama Sekolah
|
:
|
SMA WIDYA BHAKTI
|
2
|
N.I.S
|
:
|
300120
|
3
|
N.S.S
|
:
|
304036101064
|
4
|
Propinsi
|
:
|
Jawa Tengah
|
5
|
Otonomi
|
:
|
Kota Surakarta
|
6
|
Kecamatan
|
:
|
Laweyan
|
7
|
Desa / Kelurahan
|
:
|
Karangasem
|
8
|
Jalan dan Nomor
|
:
|
Jl.Tanjung no. 75
|
9
|
Kode Pos
|
:
|
57145
|
10
|
Telephone
|
:
|
(0271) 712518
|
11
|
Daerah
|
:
|
Perkotaan
|
12
|
Status Sekolah
|
:
|
Swasta
|
13
|
Akreditas
|
:
|
C
|
14
|
Tahun Berdiri
|
:
|
1983
|
15
|
Kegiatan Belajar Mengajar
|
:
|
Pagi
|
16
|
Bangunan Sekolah
|
:
|
Milik Sendiri
|
17
|
Luas Bangunan
|
:
|
2500 m2
|
18
|
Jarak ke pusat Kecamatan
|
:
|
5 Km
|
19
|
Jarak Ke Pusat Otoda
|
:
|
7 Km
|
20
|
Terletak pada Lintasan
|
:
|
Desa
|
21
|
Organisasi Penyelenggara
|
:
|
Yayasan
|
22
|
Data siswa dalam 3 (tiga) tahun terakhir
|
Tahun
|
Jumlah
|
Kelas X
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|||
Ajaran
|
Pendaftar
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
2010/2011
|
|||||||
2011/2012
|
|||||||
2012/2013
|
23 Data
Ruang Kelas
Ruang
kelas berjumlah 10 Ruang
24 Data Ruang Lainnya
1.
Perpustakaan 1
ruang
2.
Lab. IPA 1
ruang
3.
Lab. Komputer 1
ruang
4.
Multimedia 1
ruang
25 Data
tenaga pendidik dan Tata Usaha
1.
Tenaga Pendidik/Guru :
15 orang
2.
Pustakawan :
2 orang
3.
Laboran IPA/Komputer :
2 orang
4.
Staf Tata Usaha :
3 orang
B. SEJARAH SINGKAT PERPUSTAKAAN
WIDYA BHAKTI SKA
Perpustakaan
sekolah merupakan perpustakaan yang berada pada satuan pendidikan formal
dilingkungan pendidikan dasar dan menengah, dan merupakan pusat sumber belajar
untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah, yang menyajikan berbagai
koleksi bahan pustaka.
Perpustakaan
Sekolah SMA Widya Bhakti Surakarta sudah ada sejak Lembaga Pendidikan itu
berdiri, sehingga secara implisit dan eksplisit telah berdiri perpustakaan SMA
Widya Bhakti Surakarta dan termasuk kedalam jenis Perpustakaan Sekolah.
Perpustakaan
SMA Widya Bhakti Surakarta dibawah pembinaa Kepala sekolah dengan Kepala
Perpustakaan sebagai penanggung jawabnya.
Berikut nama-nama Koordinator
Perpustakaan dari awal berdirinya sampai sekarang yaitu Suminah,SPd
1.
Rahmi
2.
Dalinem
Sebagai Pengelola perpustakaan nama tersebut diatas.
Dengan
sekelumit kronologi berdirinya perpustakaan SMA Widya Bhakti Surakarta dan
mengingat pentingnya, maka Perpustakaan Sekolah Lanjutan perlu dikelola secara
profesional sehingga benar-benar dapat menjadi sarana pendidikan guna mencapai
tujuan pendidikan.
Perpustakaan
SMA Widya bhakti Surakarta melayani sirkulasi peminjaman bahan pustaka untuk
seluruh warga sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik.
C. STRUKTUR
PENGELOLA PERPUSTAKAAN
Perpustakaan
sekolah perlu mengembangkan koleksi buku guna mendukung kegiatan belajar
mengajar serta pembinaan minat baca warga sekolah perlu adanya pembagian tugas
dan tanggung jawab, sehingga pada bagian-bagian tersebut petugas akan
mengetahui dan mengerjakan tanggung jawabnya masing-masing.
Secara intern
perpustakaan SMA Widya Bhakti Surakarta mempunyai struktur pengelola yang
jelas, adapun struktur pengelola yang dimaksud adalah sebagai berikut :
STRUKTUR
ORGANISASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH
SMA
WIDYA BHAKTI SURAKARTA
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
KEPALA
SEKOLAH
|
||||||||
NISRINA
SETYANINGSIH,S.Pd
|
||||||||
KEPALA
PERPUSTAKAAN
|
||||||||
Dra. ANI
SADARSIH
|
||||||||
UNIT
PELAYANAN TEKNIK
|
UNIT
PELAYANAN SIRKULASI
|
|||||||
DIDIK
HARTANTO, Amd
|
SUMINO, Amd
|
|||||||
HANDAYANI
WL, Spd
|
||||||||
SISWA,
GURU, KARYAWAN
|
||||||||
Perpustakaan SMA Widya Bhakti
Surakarta dikelola oleh 5 orang dan dibantu 2 orang petugas dengan tingkat
pendidikan sarjana.
Adapun tugas masing-masing personel adalah sebagai
berikut :
1. Pembina Perpustakaan
a)
Menyediakan sarana,Prasarana dan kemudahan bagi terlaksananya
pelayanan perpustakaan.
b)
Melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap perencanan dan
pelaksanaan program, penilaian dan upaya tindak lanjut perpustakaan.
2. Kepala Bagian Perpustakaan
a)
Bertugas dan bertanggung jawab tentang penyelenggaraan dan
pengelolaan seluruh unit perpustakaan sekolah.
b)
Mengorganisir dan engkoordinir tata kerja seluruh staf
Perpustakaan
c)
Menetapkan kebijakan intern yang khusus dalam bidangnya
d)
Pembuatan Program / perincian
e)
Membuat laporan dan sebagainya.
3. Unit Pelaksana Teknis
a)
Melaksanakan surat menyurat
b)
Memelihara sarana prasarana
c)
Pengadaan bahan-bahan pustaka
d)
Menginvestasi bahan-bahan pustaka
e)
Klasifikasi bahan-bahan pustaka menurut system klasifikasi
DDC
f)
Katalogisasi bahan-bahan pustaka
g)
Membuat perlengkapan buku (label buku, kartu buku, kantong
buku, slip tanggal)
4. Unit Pelaksana Pembaca
a)
Melayani peminjaman buku
b)
Melayani pengembalian buku
c)
Pelayanan referensi
d)
Pelayanan jam perpustakaan
e)
Menyiapkan buku tamu, buku penunjang dan buku induk
f)
Memberikan bantuan informasi kepada semua pihak yang
memerlukan.
Dalam melaksanakan tugasnya guru
Pustakawan dapat dibantu oleh siswa yang berminat terhadap perpustakaan,.
Visi dan Misi Perpustakaan SMA Widya
Bhakti Surakarta
1.
Visi Perpustakaan SMA Widya Bhakti Surakarta
Perpustakaan membangun Pusat sumber Belajar Tekhnoogi dan informasi
2.
Misi Perpustakaan SMA Widya Bhakti Surakarta
Meningkatkan budaya cinta membaca warga sekolah
D. SARANA PRASARAN
Perpustakaan
SMS Widya Bhakti Surakarta memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai
untuk keberadaan pepustakaan sekolah, namun masih harus ditingkatkan sehingga
menjadi sebuah perpustakaan yang representatif yang mampu melayani para
pengguna jasanya sesuai dengan kemajuan tekhnologi yang terus berkembang.
Sarana
Prasarana tersebut adalah :
1.
Ruang Perpustakaan
Para Pengguna perpustakaan
kondisi dan situasi serta tata ruang perpustakaan yang menarik dan menyenangkan
akan dapat menunjang kesenangan dan kenyamanan untuk belajar di ruang
perpustakaan .
Perpustakaan SMA Widya Bhakti
Surakarta meiliki ruang dengan luas 10 x 10 = 100 M2, Lokasi perpustakaan
terletak di sebelah barat ruang guru berdampingan dengan ruang laboratorium
komputer.
2.
Sarana Perpustakaan
Untuk memperlancar
penyelenggaraan kegiatan, Perpustakaan SMA Widya Bhakti Surakarta telah
ditunjang oleh beberapa fasilitas yang cukup memadai sehingga pelayanan kepada
para siswa dan guru sudah dapat diberikan meskipun belum secara maksimal.
3.
Koleksi Perpustakaan
Jumlah judul dalam koleksi
perpustakaan sekolah untuk memndukung pelaksanaan proses belajar mengajar
sebagai buku pegangan sisw sudah terpenuhi, namun untuk buku penunjang dan buku
pengayaan belum dapat terpenuhi.
Jumlah koleksi Perpustakaan SMA Widya
Bhakti Surakarta :
1.
Bangunan
a)
Ruangan 1
unit
b)
Luas bangunan 100
m2
c)
Luas ruangan 30
m2
d)
Ruang koleksi 88
m2
e)
Ruang baca 12
m2
f)
Ruang lay sirkulasi 12
m2
g)
R.ADM/Pengolah bahan 36
m2
h)
Ruang Arsip 12
m2
i)
Kapasitas pengunjung 30
orang
2.
Peralatan / Perlengkapan
1
|
Meja sirkulasi/layanan
|
1
|
2
|
Rak penitipan tas
|
1
|
3
|
Rak buku satu muka
|
2
|
4
|
Rak buku dua muka
|
2
|
5
|
Rak majalah
|
1
|
6
|
Rak koran
|
1
|
7
|
Meja baca
|
30
|
8
|
Kursi baca
|
30
|
9
|
Meja kerja petugas
|
1
|
10
|
Rak atlas
|
1
|
11
|
Almari katalog
|
1
|
12
|
Almari perpustakaan
|
1
|
13
|
Mesin ketik
|
1
|
14
|
Komputer
|
4
|
15
|
Printer
|
1
|
16
|
Tv
|
1
|
17
|
Lcd
|
1
|
18
|
Tape recorder
|
1
|
19
|
Buku pengunjung
|
1
|
20
|
Buku peminjam
|
1
|
21
|
Buku tamu
|
1
|
22
|
Buku induk perpustakaan
|
1
|
23
|
Kartu anggota
|
100
|
24
|
Label buku
|
150
|
25
|
Kartu buku
|
150
|
26
|
Kantong buku
|
150
|
27
|
Lembar tanggal kembali
|
150
|
3.
Koleksi Buku
1
|
Buku fiksi
|
200 judul
|
300 eks
|
2
|
Buku non
Fiksi
|
1200 judul
|
1500 eks
|
3
|
Buku
Referensi
|
20 judul
|
40 eks
|
4
|
Buku Paket
|
12 judul
|
40 eks
|
5
|
Buku Pegangan
|
12 judul
|
15 eks
|
6
|
Majalah
|
1 judul
|
Selalu
bertambah
|
7
|
Surat kabar
|
1 judul
|
Selalu
bertambah
|
4.
Koleksi bukan buku
1
|
Peta
|
5 judul
|
6 eks
|
2
|
Globe
|
1 judul
|
1 eks
|
3
|
Peraga pendidikan
|
20 judul
|
20 eks
|
4
|
Slide Proyektor
|
1
|
1
|
DATA PENGUNJUNG
PERPUSTAKAAN
SMA WIDYA BHAKTI
SURAKARTA
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
A.
DATA PENGUNJUNG
Bulan
|
2013/2014
|
||
Kelas X
|
Kelas XI
|
Kelas XII
|
|
Juli
|
10
|
10
|
10
|
Agustus
|
15
|
13
|
18
|
September
|
14
|
15
|
17
|
Oktober
|
12
|
19
|
15
|
Nopember
|
17
|
16
|
14
|
Desember
|
18
|
17
|
15
|
Januari
|
14
|
12
|
11
|
Pebruari
|
-
|
-
|
-
|
Maret
|
-
|
-
|
-
|
April
|
-
|
-
|
-
|
Mei
|
-
|
-
|
-
|
B.
DATA PEMINJAM
Bulan
|
2013/2014
|
Juli
|
40
|
Agustus
|
50
|
September
|
20
|
Oktober
|
30
|
Nopember
|
50
|
Desember
|
45
|
Januari
|
39
|
Pebruari
|
-
|
Maret
|
-
|
April
|
-
|
Mei
|
-
|
Juni
|
-
|
C.
DATA ANGGOTA PERPUSTAKAAN
TH PLJ
|
|
2013/2014
|
|
Siswa
|
60
|
Kelas X
|
20
|
kelas XI
|
20
|
Kelas XII
|
20
|
Guru
|
15
|
Karyawan
|
6
|
Jumlah
|
81
|
PERATURAN PERPUSTAKAAN SMA WIDYA
BHAKTI SURAKARTA
I.
KEANGGOTAAN
·
Setiap warga SMA Widya Bhakti surakarta ( Siswa, Guru dan Karyawan
) menjadi anggota Perpustakaan
·
Keanggotaan diperoleh dengan
1.
Mengisi formulir permohonan yang harus diketahui oleh kepala
perpustakaan
2.
Menyerahkan pas foto sebanyak dua lembar ( ukuran 2 x 3 )
II.
HAK DAN KEWAJIBAN ANGGOTA
a)
Setiap anggota diberi hak :
1)
Untuk menggunakan dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan
2)
Meminta petunjuk dan penjelasan tentang perpustakaan kepada
petugas perpustakaan
b)
Semua anggota berkewajiban :
1)
Ikut memelihara dan menjaga buku-buku perpustakaan dan
peralatan lain
2)
Mengetahui segala peraturan dan bersedia mempertanggung
jawabkan setiap pelanggaran dan kelalaian
3)
Saling memahami semua hal yang dapat mengganggu pengunjung
perpustakaan
4)
Menghindarkan segala hal yang dapat mengganggu pelayanan dan
tugas-tugas perpustakaan lainnya
5)
Memahami sepenuhnya bahwa urusan perpustakaan aalah urusan
sekolah
III.
WAKTU PELAYANAN
Perpustakaan dibuka pada hari / jam:
Senin s/d Kamis : jam 07.30 – 12.15 WIB
Jumat : jam 07.30 – 10.45 WIB
Sabtu : jam 07.30 – 12.15 WIB
IV.
PEMINJAMAN
a. Bukan anggota tidak diperbolehkan
meminjam buku dan dibawa pulang
b. Anggota boleh meminjam
sebanyak-banyaknya 2 buku dengan judul yang berbeda atau sebuah buku berbahasa
asing dengan sebuah buku berbahasa indonesia
c. Bahan-bahan referensi surat
kabar hanya dipergunakan atau dibaca diruang perpustakaan ( termasuk majalah
)jangka waktu peminjaman ( buku ) paling lama satu minggu
d. Apabila sangat dibutuhkanmaka
boleh memperpanjang waktu peminjaman satu minggu lagi, sebelum memperpanjang
harus melapor kepada petugas.
e. Peminjaman segala jenis
koleksi tidak dipungut biaya
V.
SANKSI PELANGGARAN
a. Peminjam yang mengembalikan
buku tidak tepat waktu dikenakan sanksi berupa denda Rp. 500,00 per buku per
hari.
b. Setiap kasus harus
diselesaikan di perpustakaan ( apabila perlu dengan cara penagihan ) setelah
penagihan II belum dapat perhatian atau belum diselesaikan maka persoalan
diserahkan kepada Perpustakaan
c. Peminjam harus mengganti bila
terjadi kerusakan atau kehilangan
Penggantian harus dengan buku
alat yang sama, apabila terpaksa tidak dapat diperoleh maka penggantian
dilaksanakan seharga buku tersebut ditambah 10 % atau ongkos kirim / pesan
kepada penerbit.
d. Semua pelanggaran( hilang,
rusak atau terlambat ) tetap menjadi tanggung jawab yang meminjam, meskipun
dilakukan oleh saudara / teman.
e. Anggota yang meminjamkan
kartu anggota kepada orang lain akan mendapatkan sanksi pencabutan kartu
anggota
f.
Pelanggaran-pelanggaran lain akan diberikan sanksi sesuai
dengan situasi dan tingkat pelanggarannya
VI.
LAIN-LAIN
Hal-hal yang belum ditetapkan
dalam peraturan diatas akan diatur kemudian. Dengan harapan semua memenuhi
peraturan yang berlaku.
JADWAL PETUGAS PERPUSTAKAAN
SMA WIDYA BHAKTI SURAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
SENIN
|
SELASA
|
RABU
|
KAMIS
|
JUMAT
|
SABTU
|
ANI
SADARSIH
|
SUMINAH
|
ANI
SADARSIH
|
SUMINAH
|
DIDIK H
|
ANI
SADARSIH
|
E. KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN
PERPUSTAKAAN SMA WIDYA BHAKTI SURAKARTA
KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN PERPUSTAKAAN
SEKOLAH
Perpustakaan
sma Widya Bhakti Surakarta adalah sebuah Perpustakaan yang berada dalam lingkup
SMA Widya Bhakti Surakarta yang berkedudukan dan bertanggung jawab kepada
kepala sekolah, yang melayani kebutuhan warga sekolah. Layanan yang biasa
diberikan adalah penyediaan bahan bacaan bagi penggunanya, yaitu siswa, guru
dan karyawan. Dan dalam hal tersebut tidak dipungkiri bahwa perpustakaan SMA
Widya Bhakti Surakarta memiliki keunggulan dan juga kelemahan.
1. KEUNGGULAN PERPUSTAKAAN SMA
WIDYA BHAKTI SURAKARTA
1) Sistem layanan dijalankan
secara terbuka
2) Ruangan yang cukup
representatif untuk jajaran koleksi sehingga pengguna lebih leluasa dalam
mencari koleksi pustaka yang diinginkan
3) Perpustakaan sekolah akan
menjadi alternatif tempat tujusn dides untuk menyelesaikan tugas dari guru.
4) Penguna dapat mengambil
sendiri bahan pustaka yang dikehendaki dari jajaran koleksi
5) Pustakawan hanya memantau
atau mengarahkan pemakai dalam proses peminjaman pustaka
2. KELEMAHAN PERPUSTAKAAN SMA
WIDYA BHAKTI SURAKARTA
Kelemahan perpustakaan antara lain disebabkan berbagai faktor :
1) Belum dimaksimalkan posisi
perpustakaan sekolah sebagai unit yang strategis dalam menunjang proses
pembelajaran di sekolah
2) Bisa dimungkinkan pengaturan
buku di rak penempatan menjadi tidak rapi ketika pengguna melakukan pencarian
buku yang diinginkan
3) Masih minimnya dana
operasional dan pembinaan
4) Terbatasnya SDM yang mampu
mengelola perpustakaan serta mengembangkannya sebagai sumber belajar bagi siswa
dan guru
5) Minat baca siswa yang belum
menggembirakan
6) Belum adanya jam perpustakaan
sekolah terintegrasi dengan kurikulum
7) Kurangnya pustakawan
8) Jumlah judul buku atau
pustaka belum memadai
9) Keberadaan perpustakan hanya
sebagai pelengkap
10) Umumya koleksi perpustakaan
sekolah terdiei dari buku paket yang merupakan droping dari pemerintah
BAB II
HASIL OBSERVASI DAN RENCANA
PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN
A.
KONDISI AWAL PERPUSTAKAAN
Letak dari perpustakaan SMA
Widya Bhakti Surakarta berdasarkan posisi perpustakaan sekolah sebagai unit
yang strategis dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah belum memadai,
jumlah buku pengunjung dan buku pengayaan belum maksimal dan komposisi yang
belum memadai. Penataan buku-buku belum sesuai klasifikasi .
Terbatasnya jumlah SDM yang
mampu mengelola perpustakaan serta mengembangkan sebagai sumber belajar siswa
dan guru. Layanan sirkulasi masih bersifat manual sehingga dalam melayani
pengguna akan sangat lamban karen aharus mencari data-data yang terdahulu yang
ditulis dalam buku ataupun kartu.
B.
RENCANA PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN
Dalam rangka menumbuh
kembangkan minat baca dikalangan siswa harus ditumbuhkan melalui perpustakaan
sekolah yang menyenangkan bagi para penggunanya, untuk itu perlu adanya
pengembangan perpustakaan. Berdasarkan kekurangan yang ada di perpustakaan akan
diupayakan untuk dilakukan pengembangan perpustakaan agar lebih maju dan
menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa.
Siswa dapat belajar sekaligus
rekreasi di perpustakaan sekolah, karena perpustakaan tidak hanya menjadi saran
pelengkap kegiatan belajar saja tetapi perpustakaan sekolah merupakan sekolah
untuk menggerakkan proses kegiatan belajar.
C.
RENCANA PENGEMBANGAN SARNA DAN PRASARANA / KOLEKSI PERPUSTAKAAN
Dalam rangka memperlancar
penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar, perpustakaan SMA Widya Bhakti
surakarta telah ditunjang oleh beberapa fasilitas yang cukup memadai, sehingga
pelayanan terhadap para siswa dan guru sudah dapat diberikan meski belum dapat
maksimal, untuk itu perpustakaan sekolah SMA Widya Bhakti Surakarta perlu
mengembangkan saran dan prasaran / koleksi perpustakaan. Adapun langkah-langkah
yang ditempuh dalam pengembangan sarana prasarana/koleksi perpustakaan adalah
sebagai berikut :
Dengan mengklasifikasikan
buku-buku perpustakaan, jenis koleksi buku yang mencerminkan komposisi antara buku telis dengan buku
fiksi, yaitu 40 % untuk buku telis, 30 % buku-buku pengayaan dan 30 % buku
fiksi serta judul buku yang memiliki banyak fariasi.
D.
UPAYA PENINGKATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN
Perpustakaan SMA Widya Bhakti
Surakarta memiliki petugas unit pelaksana pembaca yang tugasnya melayani
peminjaman buku, pengembalian buku, referensi, jam perpustakaan, menyiapkan
buku tamu, buku penunjang dan buku induk, memberikan informasi kepada semua
pihak yang meerlukan.
Dalam upaya meningkatkan
pelayanan Perpustakaan SMA Widya Bhakti Surakarta membuat jadwal piket
pengelola Perpustakaan yang terstruktur dan setiap harinya dibantu oleh siswa
yang berminat terhadap perpustakaan secara bergiliran dan ditunjuk oleh
sekolah.
E.
UPARA PENINGKATAN KOMPETENSI SDM PERPUSTAKAAN
Tenaga perpustakaan harus
memiliki kualifikasi yangmemadai untuk pengelolaan perpustakaan sekolah.
Perpustakaan SMA Widya Bhakti Surakarta dikelola 5 orang petugas dengan tingkat
pendidikan seluruhnya sarjana dan 2 orang yang bukan sarjana.
Untuk lebih meningkatkan
kompetensi sumber daya manusia perpustakaan maka Perpustakaan SMA Widya Bhakti
Surakarta mengadakan upaya peningkatan sebagai berikut :
1) Mengikut sertakan dalam
seminar-seminar atau diklat perpustakaan
2) Mengharuskan tenaga
perpustakaan mengikuti berita setiap hari, baik dari membaca koran maupun
melihat televisi.
3) Mengharuskan tenaga
perpustakaan memperdalam pengetahuan tentang perpustakaan dan pelayanannya
melalui internet.
BAB III
REFLEKSI DAN TINDAK LANJUT
Perpustakaan sekolah memiliki
peranan penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar yang dilakukan di
sekolah. Perpustakaan sekolah harusnya menjadi pusat sumber belajar bagi para
warga sekolah, akan tetapi secara umum institusi ini masih dibebani banyak
masalah sehingga tidak mampu melaksanakan fungsinya secara maksimal seperti
Kualitas koleksi, minimnya anggaran, ruangan dan perabotan yang kurang memadai.
Sudah saatnya pengelola
sekolah menyadari arti penting dari perpustakaan sekolah, pihak sekolah wajib
menyisihkan 5 % dari anggaran belanja sekolah untuk perpustakaan, sehingga
perpustakaan sekolah mampu membeli perabot dan peralatan tekhnologi informasi
guna mendukung layanan perpustakaan.
Pimpinan sekolah jujga harus
menyadari bahea perpustakaan harus diisi oleh tenaga-tenaga atau guru
bermasalah tidak perlu lagi diletakkan diperpustakaan dan merestui ruangan
perpustakaan berada di tempat strategis sehingga mudah diakses oleh warga
sekolah.
PENUTUP
Demikian
OJL Perpustakaan SMA Widya Bhakti Surakarta, semoga apayang di programkan dapat
berjalan dengan lancar dan membawa institusi menjadi lebih baik. Kritik dan
saran kamu harapkan untuk peningkatan mutu Perpustakaan SMA Widya Bhakti
Surakarta.
DAFTAR PUSTAKA
Perpustakaan
Nasional RI. 2006,
Pedoman
Penyelenggaraan perpustakaan umum.
Jakarta
: Perpustakaan Nasional RI