Cara mengatasi masalah lele yang mengambang di permukaan air kolam

lele yang mengambang dan kemudian mati adalah masalah yang bisa dibilang lumayan berbahaya, karena akan menimbulkan angka kematian yang lumayan besar,kasus ini biasa terjadi pada saat lele masih kecil atau beberapa hari setelah bibit lele kita masukkan ke dalm kolam.
meskipun angka kematian karena kasus ini tidak sebesar angka kematian jika lele kita terkena penyakit jamur atau bekteri namun  jangan sekali-sekali kita menyepelejan penyakit yang satu ini, karena bisa saja bibit lele yang ada dikola kita hanya akan tinggal seperuhnya saja atau bahkan hanya akan bersisa  persen semata.
gejala yang terjadi adalah pergerakan lele yang begitu pasif, sering mengambang, dan tidak ada nafsu makan, ini terjdi karena ph air dan suhu air tidak sesuai dengan lele yang kita budidayakan, biasanya terjadi karena kita tidak mendiamkan air kolam kita dan langsung memasukkan bibit lele setelah kolam kita isi, terutama jika kita mengisinya dengan air sumur atau kolam tanah.
berbeda dengan serangan hama jamur atau bakteri yang dapat kita lihat adanya luka pada lele yang mati, pada kasus ini  kita tidak akan mendapati sedikitpun cacat pada lele kita, jadi anda harus elstra hati hati.
 cara untuk mengatasi kasusu yang satu ini adalah dengan mendiamkan air kolam selama kurang lebih 4 sampai  7 hari sebelum kita memasukkan bibit lele, atau kita tunggu sampai air kolam berwarna kehijau hijauan.
namun jika anda terlanjur mengalami kasus ini alias terlanjur memasukkan lele sebelum air phnya sesuai, cara mengatasinya adalah jangan memberi makan dahulu lele jita sampai lele jita benar-benar sehat, karena jika kita beri makan justru akan mempercepat kematian lele kita.
taburi air kolam dengan probiotik seperti em4 atau probio 7 untuk mempercepat penyesuaian ph dan pertumbuhan  bakteri baik, dan yang pernaj saya coba dab berhasil adalah dengan memberikan air perasan daun pepaya.
salam sukses selalu...