Cara mengatasi lele yang gampang stress dan lele ngambang



Mungkin diantara sobat lele lopers ada yang mengalami kondisi lele yang gampang nggandul atau ngambang dengan kepala diatas, biasanya terjadi karena lele yang stress atau karena kondisi air yang keruh atau kurang baik, biasanya dapat kita atasi dengan cara penggantian air dengan skala agak banyak, namun seringkali hal itu terjadi lagi dan lagi meskipun kondisi air masih terlihat bagus, berikut akan saya bahas tentang masalah yang satu ini.
Biasanya hal yang satu ini terjadi di kolam dengan air yang tidak mengalir, terutama kolam terpal, jika kita harus mengganti air terus menerus tentu saja itu akan menambah biaya produksi dan menjadikan hasil yang kita peroleh menjadi sedikit.
Nah.. Jangan kwatir, kita akan bahas sampai tuntas,  sebenarnya masalah yang sobat hadapi itu sederhana, hal itu terjadi karena sisa pakan pelet yang sobat berikan kepada lele sobat, meskipun pakan yang sobat berikan sudah dimakan habis sekalipun hal itu belum tentu menjamin lele ga' akan nggandul lagi, karena kotoran lele yang tidak terproses sempurna dan akhirnya menjadi racun yang mencemari air dan menyebabkan lele kita ngambang, berikut cara mengatasinya..


1. Pemberian probiotik
Dengan memberikan probiotik yang dicampurkan pada pakan lele maka proses pencernaan lele akan menjadi lebih sehat dan bakteri baik yang terkandung dalam probiotik tersebut juga akan mengurai sisa pakan dan menjadikannya lumut yang mengendap di dasar kolam, dengan demikian racun yang mencemari kolam akibat sisa pakan atau kotoran ikan yang tidak terurai sempurna dapat kita hindari.

namun cara yang satu ini memiliki kelemahan juga, jika lele yang kita tebar cukup padat dan ukuran lele sudah beranjak besar maka cara nomor satu tidak lagi efektif, karena jumlah kotoran lele otomatis menjadi sangat besar dan lagi lagi masalah lele ngambang akan terjadi lagi.. Untuk mengatasinya silahkan pakai cara yang ke 2

2. Penggantian pakan
Jika masalah terus berlanjut silahkan anda ganti pakan anda, karena jika kita menggunakan pelet maka kandungan kimia yang terdapat dalam pelet itulah yang sejatinya membuat lele kita jadi kurang sehat, karena itu jika kita ganti dengan pakan alami maka semua masalah akan teratasi dengan sendirinya.
Pakan yang bisa kita pakai seperti : keong mas, ayam tiren, belatung dll. Pakan yang saya pakai adalah keong mas, saya memilih keong mas karena ketersediannya dengan jumlah yang melimpah dan setiap hari selalu ada, dan yang pasti karena harganya yang murah, satu ember besar tuw cuma 10 ribu, dan yang kita gunakan untuk pakan bukan cuma dagingnya saja, namun semua selain cangkangnya, dan kandungan protein pada keong mas yang sangat tinggi menjadikan keong pakan yang sangat baik bagi lele, pertumbuhan lele akan menjadi sangat pesat dan bobotnyapun akan menjadi mantab.
Selamat mencoba..