Pembuatan kolam Untuk Budidaya Ikan Lele

Dalam setiap budidaya ikan, tentu saja langkah awal yang harus dilakukan adalah pembuatan kolam sebagai tempat hidup ikan, dan untuk ikan lele jenis kolam yang dapat dipakai adalah bermacam macam, karena memang jenis ikan yang satu ini adalah salah satu jenis ikan yang paling mudah untuk di budidayakan.
beberapa jenis kolam yang dapat dibuat diantaranya adalah kolam tanah, kolam beton atau tembok, ataupun kolam terpal atau plastik.
karena untuk jenis ikan yang satu ini kita tidak membutuhkan siklus air yang terlalu sering, maka dimanapun tednpatnya kita dapat membuat kolam ini, jadi silahkan disesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal anda.
yang perlu diperhatikan adalah apakah kolam yang akan kita buat adalah untuk kolam pemijahan atau untuk kolam pembesaran, namun jika akses air di lingkungan anda tergolong sulit maka jangan coba untuk memijahkan ikan, karena resiko kegagalan sangatlah besar.


-->

UKURAN KOLAM

untuk ukuran kolam kita dapat menyesuaikan dengan pekarangan kita, dari ukuran kolam terkecil misalnya : 1 x 2 meter, atau yang besar , namun ukuran ideal yang biasa dipakai adalah 3x4 m, namun untuk kolam pemijahan jangan kita buat yang besar, kita hanya perlu menggunakan kolam kolam dengan ukuran kecil namun dengan jumlah yang banyak, untuk satu indukan kita siapkan minimal 3 kolam, idealnya 4 kolam, ukuran kolam untuk pemijahan kurang lebih 2 x 3 meter atau lebih kecil juga tidak apa apa, sekitar 1 x 2 meter.






TAHAP PEMBUATAN KOLAM
Untuk tahap pembuatan kolam sepertinya tak perlu saya bahas panjang lebar, karena pasti saudara sudah paham tentang desainnya, yang terpenting adalah pikirkan untuk sanitasinya, bagaimana caranya agar kolam yang kita buat dapat dengan mudah kita isi dan juga mudah saat ingin kita kuras.

jika tahap pembuatan kolam telah selesai maka kita akan melangkah ke tahap selanjutnya yaitu persiapan untuk usaha, baik untuk pemijahan ataupun pembesaran, silahkan kunjungi posting saya yang membahas tedntang hal itu... salam sukses..