Sukses Budidaya Lele dengan pakan keong mas



Kendala terbesar bagi pembudidaya lele adalah masalah harga pakan yang terlampau tinggi, tiap tahun harga pakan selalu naik, tapi harga lele tetep aja segitu, hal ini menjadikan banyak pembudidaya lele menjadi minim pendapatan, bahkan banyak juga yang merugi.
Untuk menghadapi kendala tersebut maka tentu saja kita harus mengganti jenis pakan pelet yang biasa kita gunakan dengan pakan lain yang jauh lebih murah seperti keong mas, dan berikut akan saya sampaikan kelebihan keong mas sebagai pakan ikan lele.


1. Ketersediaannya
Jumlah keong yang sangat banyak di persawahan adalah sesuatu yang sangat menguntungkan bagi para pembudidaya ikan lele, karena perkembangan keong sangatkah pesat, jadi meskipun kita ambil tiap hari juga ga' abis, beda dengan ayam tiren yang justru jarang tersedia.

2. Mudah mencarinya
Untuk mencari keong itu sangatlah mudah, karena keong adalah binatang nocturnal maka untuk lebih mudahnya kita harus mencarinya dimalam hari, meskipun siang hari juga ada tapi sangat jarang, karena kalau siang keong pada sembunyi, cari di persawahan atau di aliran irigasi sawah.

3. Kadar protein tinggi
Kadar protein yang ada dalam keong mas terbukti sangat tinggi, dan ini menjadikan lele kita menjadi pesat dalam pertumbuhan, sehat, dan berbobot.

4. Tanpa bahan kimia
Karena namanya juga bahan alami maka pakan keong mas sangatlah aman, meskipun air kolam terlihat keruh tapi ikan tak akan bermasalah beda jika kita pakai pelet yang jika keruh dikit aja lele uda pada ngambang ga' karuan.

5. Tidak berbau
Dengan memberikan pakan berupa keong mas maka kolam kita tidak akan mudah berbau, meskipun air terlihat keruh tapi bau busuk kolam tidak akan muncul, beda kalau kita pakai pelet.

6. Murah
Dan yang paling utama harga keong itu murah, kalau anda malas atau ga' sempet nyari anda tinggal beli aja keong, banyak yang mencari keong kok, biasanya untuk konsumsi, jika anda dekat dengan orang yang memproses keong mas menjadi daging anda tinggal beli aja limbah kotorannya, namun jika  ga' ada ya beli aja keong mentahnya tinggal kita masak sendiri.

Berikut saya jelaskan cara memproses keong mas menjadi pakan lele :

1. Siapkan keong dan rebus sebentar
2. Setelah siap (ditandai dengan tutup keong yang seperti koin lepas) Siram dengan air dingin.
3. Keluarkan keong dari cangkangnya dengan cara di cungkil
4. Cincang keong dan berikan langsung ke lele